Sunday, August 26, 2007

baca lah..

there's no such a coincidence.
-nn-

dengan akal dan wahyu manusia membaca kehidupan dan alam...ilmu pengetahuan dan agama. ilmu pengetahuan mengajarkan sebab-akibat..agama mengabarkan tujuan. tapi kadang dua jalan bersinggungan..kadang berpisah...satu titik, kemanakah?

tapi masih luas ilmu ketidaktahuan dan wahyu telah selesai. ketika satu hal berbuah banyak pertanyaan...apa sebabnya? mengapa?. ketidaksabaran mungkin memunculkan kesimpulan terlalu cepat... sudah ada yang mengatur..atau hanya kebetulan.

mungkinkah ketika para nabi punah maka sebenarnya semua jawaban sudah ditebarkan untuk semua pertanyaan hingga waktu nanti selesai?...jawaban itu bisa berarti penjelasan...berarti segala sesuatu ada sebab-akibatnya..ilmu pengetahuan...dan segala sebab kembali kepada-Nya..agama.

tapi sepertinya kering...mungkin dunia diberikan-Nya karena kita bisa untuk membaca alam, kehidupan...tapi kadang kita terlalu bersemangat mencari jawaban....mungkin pada titik ini, agama untuk mengingatkan..tentang kerendah-hatian...bahwa langit masih terlalu jauh...

meski kadang juga kita terlalu cepat menyerah. kadang agama tidak dijadikan pagar penjaga di pinggir jalan kehidupan tapi ditempatkan sebagai pagar yang menghalangi jalan...buntu.

sepertinya untuk membaca kita harus mengambil satu sudut saja...dunia dengan sudut tidak terbatas...kadang terlalu banyak yang harus kita tahu. ternyata pada titik ini saya hanya bisa kembali bertanya.

1 comment:

syiddat said...

Agama, ilmu pengetahuan… dalam kebersinggungan dan ketidakbersinggungannya..

manusia …selama masih (disebut) menjadi manusia, akan masih terus berusaha belajar, membaca.. dan meneropong neumena di balik fenomena, dengan segala keterbatasan, kelemahan…

Maka bersyukurlah karena engkau masih bisa bertanya.