Sunday, February 01, 2009

deret

Michael: We are here because there is something wrong with the society
Jim: See you'll always seeing that there is something wrong with society, but maybe there is something wrong with you
Michael: if its me then the society made me that way
(The Office, Weight Loss)


Melalui akal budi, kita dibekali kemampuan untuk mengukur hal yang benar dan yang salah. yang bijak tentunya melakukan yang benar dan meninggalkan yang salah. kesimpulannya bisa jadi adalah untuk mengejar kesempurnaan atau minimal menjadi lebih baik. Kita berpayah, berusaha.

Namun dibalik kehidupan yang seperti linear, ketika kita mencoba menilai kembali sesungguhnya yang terjadi adalah terbalik. terlalu banyak yang salah sebagaimana yang kita yakini benar.. setidaknya seperti itulah bagi saya. Mungkin jika saya dulu melakukan a ketimbang b hasilnya saya akan menjadi a dalam bayangan yang lebih sempurna bukan b dalam realita. Meski itu pun akan bergantung pada asumsi apakah kita yang sekarang adalah benar atau salah...dan itu tentu saja relatif.

Mungkin kemampuan ilmu pengetahuan menghitung kesalahan bukanlah bertujuan untuk menghilangkan kesalahan itu sendiri yang sepertinya memang tidak pernah bisa..tapi mungkin hanya sampai kepada tafsiran bahwa dalam setiap pengukuran kepastian akan selalu ada yang meleset..
seperti pasti benar itu selalu berdampingan dengan pasti salah dan cukup di situ saja.. seperti pernyataan ketidakmampuan manusia dibalik kebenaran yang diyakininya..atau mungkin pada akhirnya bukanlah akal tapi rasa, untuk menikmati dan bersyukur.

1 comment:

Syiddat said...

... Benar, salah --dalam relativitasnya menurut versi manusia-- adalah suatu unsur satu paket yang melengkapi manusia, selayaknya manusia. demikian juga asa - realita.

yeah, berjuang, bersyukur..