Tuesday, January 15, 2008

Orde

Jayalah Bapak kami Soeharto...
-Titiek Puspa-

Satu babak kekuasaan yang dimulai 40 tahun lalu, bagaimanapun adalah sebuah lompatan besar. dari periode kemiskinan akut, peradaban yang seperti tidak beranjak...tiba-tiba menjadi periode kemakmuran dan kemajuan teknologi.

Bagi konsumen, semua serba murah. bagi penganggur, bekerja selalu mudah. Tapi semua indikator kemakmuran rupanya rapuh. Semua kesuksesan lahir dari kemudahan yang diberikan penguasa...subsidi. Harga murah bukan hasil dari efisiensi sebuah kompetisi. Seperti hewan manja dalam kebun binatang. Makanan bukan hasil perburuan tapi pemberian.

Setelah perubahan..kita seperti memasuki alam liar...kebebasan. Setelah tidak ada yang memberi...musim kelaparan tiba, sayang naluri berburu sudah lama hilang.

Setelah perubahan..hingga kini kemakmuran seperti tidak kunjung datang. Beberapa meminta dimasukkan kembali ke kandang dengan menentang dicabutnya sejumlah kemudahan yang telah mulai dibuang perlahan. Herannya sambil menuding ideologi modal namun dengan gelap mata menyamakan kebebasan yang sudah kita masuki dengan kerangkeng di masa lalu.

Setelah perubahan...persaingan sepertinya hanya menyisakan kekalahan. Adaptasi..rupanya..kadang berlangsung dalam jangka panjang, bahkan sangat panjang...

4 comments:

Anonymous said...

Good, postingannya bagus banget , simple tapi dalam.

Syiddat said...

hhmm..butuh adaptasi yg panjang ya? sebuah proses.

hhmm... keep on rocking!

yayan said...

sayangnya setelah keluar kandang kita masuk ke "kandang-kandang" jenis lain..

ada 2 pilihan bagi kita, terus mencoba keluar "kandang", atau balik ke "kandang-kandang" yang dulu pernah ditempati karena sudah merasa betah..

setelah iklim demokrasi jaman awal kemerdekaan yg carut marut, pak karno dengan "terpimpin", atau pak harto dengan "pancasila", dan sekarang demokrasi "bebas"..

saking bebasnya hingga yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin, dan "kandang" yang ini lebih tidak mengenakkan daripada sebelumnya..

sepertinya jalan keluarnya bukan lewat demokrasi.. hehe

just keep moving forward to a better place ^^

salam kenal..

anugerah perdana said...

moga pak harto diberikan yang terbaik oleh Allah, amin

-do'a yg ambigu-

btw mas, ngeblog dari thn 2005 ya? luarbiasa, dahsyat!